BREAKING

Selasa, 26 Februari 2019

212, Reuni Kemanusiaan



Ahad 2 Desember menjadi hari bersejarah, jutaan manusia berkumpul di Monumen Nasional, simbol kedigdayaan ibukota negara. Jauh sebelum acara ini digelar berbagai upaya penghambatan dilakukan, baik dengan memainkan opini di media seolah aksi ini berbahaya, maupun dengan menyuruh kelompok tertentu bersuara seolah mereka siap pasang badan menghalangi massa Reuni 212. Tetapi kehendak langit berkata lain, semua upaya itu gagal total.

Berkumpulnya jutaan manusia di Monas, bahkan meluap hingga berbagai jalan di sekitar Monas adalah bukti nyata bahwa nurani umat tidak bisa dibungkam. Apakah Reuni 212 hanya milik umat Islam, ternyata tidak, faktanya tidak sedikit non muslim yang melibatkan diri dalam reuni kali ini, bahkan beberapa etnis Tionghoa juga hadir. Sebab sifatnya yang lintas batas, Sehingga tidak berlebihan bila Reuni 212 disebut "reuni kemanusiaan".

Banyak pihak tersentak dengan membludaknya peserta reuni, jumlahnya tiga kali lipat dari reuni pertama, saya yang tiba di lokasi sekita jam 3 malam (dalam rangka meliput aksi ini) sudah harus berdesakan untuk bisa masuk ke pintu Monas, bagaimana yang datang pukul 06.00 pagi ke atas, perjuangan mereka pasti lebih berat untuk menembus pintu masuk Monas.

Apa yang menyebabkan jutaan manusia bisa berkumpul secara spontan di Monas, apa karena janji materi atau kekuasaan, nyatanya mereka datang pakai duit pribadi, lalu apa? Perubahan, perubahan??? ya perubahan, sepak terjang rezim yang seenak hati memperlakukan umat dan para pengkritiknya menyebabkan dengan mudahnya jutaan manusia berkumpul membelakangi istana sekaligus tidak berharap kedatangan pemilik istana.

Penulis: Zaenal Abidin Riam, Koordinator Presidium Demokrasiana Institute

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Pemikiran dan Sastra
Design by FBTemplates | BTT