BREAKING

Selasa, 31 Juli 2018

Piala Dunia 2018, Kompetisi Penuh Kejutan


Ajang sepak bola terakbar di dunia telah berakhir, piala dunia kali ini menasbihkan Prancis sebagai juara dunia untuk kedua kalinya, sebelumnya mereka juga menyabet gelar juara saat menjadi tuan rumah. Keluarnya Prancis sebagai juara piala dunia tentu merupakan hal istimewa, terlebih bagi pendukungnya, namun ada yang lebih istimewa dari sekadar juara, ya piala dunia di Rusia dipenuhi ragam kejutan, boleh jadi ini merupakan piala duniayang paling banyak melahirkan kejutan.

Kejutan paling mencolok adalah tumbangnya tim-tim kuat, tim yang diprediksi sebagai kandidat juara justru mayoritas tumbang dikalahkan tim yang sama sekali tidak diunggulkan. Babak semi final diwarnai pertarungan antara tim unggulan dan non unggulan, hasilnya Belgia keluar sebagai juara ketiga dan Kroasia berhasil meraih podium kedua, siapa yang memprediksi kedua negara tersebut bakal menorehkan juara, tidak satupun, para komentator dan pengamat sepak bola dibuat melongo dengan hasil yang sungguh di luar dugaan ini. Bukan hanya Kroasia dan Belgia, beberapa negara lain yang tidak diunggulkan juga sukses mengukir prestasi dalam piala dunia Rusia walaupun mereka tidak sampai menapak babak semi final. Pencapaian tim-tim Asia juga terbilang baik dalam piala dunia kali ini, gawang mereka tidak lagi menjadi lumbung gol, mereka mampu menahan imbang dan mengalahkan tim favorit juara, bahkan Jepang mampu melangkah ke babak 16 besar, padahal biasanya tim Asia selalu berguguran di fase grup.

Pelajaran apa yang menarik diambil dari kejutan yang dihadirkan tim non unggulan di piala dunia Rusia, pelajaran itu adalah kerja keras, optimisme, dan kepercayaan diri. Tiga poin tersebut perlu ditransformasikan dalam kehidupan sehari-hari, betapa banyak manusia yang gagal dalam hidup karena tidak siap bekerja keras, mereka bermimpi tinggi tanpa didukung oleh kerja keras, jadilah mimpi itu sekadar khayalan. Banyak juga manusia yang tersandung di tengah jalan hanya karena tidak optimis, mereka sudah merasa tidak mampu sebelum mencobanya, rasa ketidakmampuan itu terus ia pelihara hingga menjadi tembok raksasa bagi dirinya. Tidak sedikit pula manusia yang gagal mewujudkan cita-citanya hanya karena tidak percaya kepada dirinya sendiri, manusia jenis ini sesungguhnya secara tidak sadar telah mengabaikan potensi yang diberikan Tuhan dalam dirinya, hal ini pada dasarnya sama saja dengan tidak mempercayai anugerah Tuhan dalam dirinya, sungguh disayangkan.

Ambillah pelajaran dari piala dunia yang baru saja berlangsung, bahwa di sana ada semangat juang, kerja keras, optimisme dan kepercayaan diri yang menyebabkan lahirnya seribu satu macam kejutan, agar begadang kita tidak sia-sia walaupun mungkin tim jagoan tidak sesuai ekspektasi. Rugi rasanya bila piala dunia hanya meninggalkan cerita tanpa menyisakan inspirasi berharga bagi kehidupan.

Penulis: Zaenal Abidin Riam

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Pemikiran dan Sastra
Design by FBTemplates | BTT