BREAKING

Selasa, 26 Februari 2019

Egoisme Istilah Sebagai Penyakit Kaum Intelektual



Intelektual adalah sebutan yang identik dengan kaum terdidik, komunitas manusia yang dianggap memiliki daya pikir di atas rata-rata, dengan kecerdasan yang mereka miliki diharapkan mampu menjadi suluh bagi kaum awam, menjadi obor bagi gulita kehidupan, menawarkan jalan keluar di tengah kebuntuan soaial yang dialami masyarakat, dengan daya pikir yang dimiliki, kaum intelektual diharapkan mampu menghadirkan dunia baru saat masyarakat mulai kehilangan harapan. Semua itu akan terjadi saat gagasan seorang intelektual mampu dicerna oleh masyarakat yang butuh bimbingan.

Lalu akan seperti apa bila seorang intelektual menggunakan bahasa buku yang rumit kepada kaum awam, lengkap dengan istilahnya yang serba asing bagi masyarakat biasa, maka hasilnya sudah dapat ditebak, masyarakat justru akan bingung dengan konsep yang dipaparkan kaum intelektual, di bagian ini terlihat jelas bahwa intelektual justru hanya menyumbang kebingungan kepada masyarakat awam yang sudah terbebani ragam masalah, disini intelektual tidak bertindak sebagai pemberi solusi, tapi sebagai penambah masalah. Parahnya karena terkadang seorang intelektual lebih bangga menggunakan istilah rumit walaupun ia sendiri paham masyarakat tidak mengerti istilah tersebut.

Kualitas intelektual tidak diukur dari seberapa pandai ia menggunakan istilah asing, tapi dilihat dari sejauh mana ia hadir sebagai pemberi solusi bagi masyarakat, bila ada yang merasa seorang intelektual namun gemar menggunakan istilah rumit di hadapan masyarakat bawah, maka orang seperti ini sebaiknya mulai belajar bahasa awam, perlahan mengurangi penggunaan bahasa buku, belajar hidup langsung di tengah masyarakat, karena pengetahuan yang sesungguhnya berada di tengah masyarakat, bukan di atas tumpukan buku.

Penulis: Zaenal Abidin Riam

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Pemikiran dan Sastra
Design by FBTemplates | BTT